Keindahan Air Terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur Yang Penuh Mitos - INFO WISATA KU

Info Wisata Ku
Keindahan Air Terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur Yang Penuh Mitos


Air terjun sedudo nganjuk diceritakan tidak sedikit mistis di segelintir wisatawan. Namun wisata air terjun ini, tetap ramai dikunjungi. Air terjun sedudo tersebut dimana sih sobat? Nah tempat air terjun sedudo ini terdapat diwilayah ngaliman, kecamatan sawahan nganjuk jawa timur. Disini udaranya paling dingin sekali, sebab wisata air terjun ini tergolong dataran tinggi di kabupaten nganjuk. Rute untuk mengarah ke tempat wisata tidak cukup lebih 1-2 jam dari pusat kota, tersebut jika memakai motor. Jika memakai kendaraan roda empat, kemungkinan dapat lebih lama lagi. Karena situasi jalan yang berbelok-belok, jadi rawan macet. Tapi tenang sobat, jalannya udah mulus sebab sudah beraspal semua.


Sahabat cari info, sedudo tersebut dalam bahasa indonesia dengan kata lain “duda”. Konon katanya, bila pacaran di area air terjun sedudo ini maka bakal putus. Entah tersebut mitos atau benar, sebab mimin belum pernah pacaran disini ya. Hehe.. tapi bila sobat ga percaya, mari dicoba kebenarannya.

Tiket masuk air terjun sedudo
Untuk kamu yang hendak berlibur ke sedudo waterfal nganjuk, sobat pastinya mengherankan sekali bila baru lagi kesini. Karena objek wisata air terjun sedudo, sudah tidak sedikit perubahan loh sobat. Saat kamu sudah nyampe lokasi wisata, kamu langsung memesan tiket ya. Nanti disana telah ada yang nungguin semua petugasnya. Awas tidak boleh sampe hilang ya tiket wisatanya, sebab nanti bakal ada pegecekan tiket wisata. Bagi membayar ongkos parkir kendaraan, nanti sobat jalan lurus baru deh terdapat petugas parkiran.

Untuk harga tiket masuk lumayan ramah kantong sekali sobat. Anda lumayan membayar tiket masuk Rp. 10.000 per orangnya. Dan unutuk ongkos parkirnya, lumayan Rp. 2.000 kendaraan roda dua. Sedangkan guna roda empatnya, lumayan dengan Rp. 5.000 saja. Tenang sobat guna parkiran motor, dapat langsung ke tempat wisata ya. Jadi kamu bisa langsung menuruni anak tangga, untuk mengarah ke wisata air terjun sedudo nganjuk. Bagi anak tangganya sendiri cukup lebar, jadi tidak usah fobia ga lumayan ya. Tapi tetap berhati-hati ya, lagipula kalau musim hujan begini.

Tiket masuk sedudo
Weekend Rp. 10.000
Weekday Rp. 5.000
Biaya parkir kendaraan
Motor Rp. 2.000
Mobil Rp. 5.000
Keindahan air terjun sedudo nganjuk
Saat ini wisata air terjun tidak sedikit sekali pengunjungnya, lagipula kalau hari libur. Apa sih yang sebetulnya menjadi pesona para wisatawan, sudah tentunya air terjun ya sob. Namun air terjun disini ternyata, mempunyai elevasi kurang lebih 150 meter. Waw tinggi pun ya.


Wah disini pun tidak hanya dapat menikmati wisata alamnya saja sobat. Sobat juga dapat menikmati wisata kulinernya loh. Jika sobat belum pernah nyoba makanan khas limanan ini, wah pas banget deh santap disini dengan nuansa alam. Khas makanan yang jual disini diantaranyam nasi jagung kaloborasi ikan asin dan urab. Beuh mantepnya ya sobat. Tidak melulu itu loh sobat sepanjang aliran sungai dikawasan air terjun ini, terdapat tidak sedikit warung-warung atau ruko. Rupa-rupa jajanan yang di tawarkan, mulai cemilan sampai baju guna renang loh sobat.

Wisata kediri : Dadapan One Stop Holiday (DOSH) Wisata Kediri Yang Terbaru

Fasilitas air terjun sedudo
Untuk kamu yang datang kesini, ga usah khawatir kemudahan air terjun sedudo nganjuk. Karena guna fasilitasnya sendiri telah lumayan komplit diantaranya.

a. Kolam renang
Untuk empang renang sendiri, terdapat di bawah air terjun. Jadi guna anak-anak lebih aman bermain di lokasi sini saja. Brr,,, airnya dingin banget deh.

b. Gazebo
Yang suka makan bersama sama rekan atau keluarga, beuh mantep nih ngumpel di gazebo. Meskipun tidak tidak sedikit gazebonya, tetapi lumayan lah untuk sebatas makan-makan.

c. Kamar mandi (MCK)
Bagi kamu yang hendak berenang, telah disediakan guna ganti baju dan mandi sesudah bermain air.
d. Mushola
e. Pos Kemanan
f. Tempat parkiran

Mitos dan legenda air terjun sedudo nganjuk
Konon katanya air terjun ini, turun kayangan. Mitosnya bila mandi dibawah air terjun sedudo ini, dapat bikin tahan lama muda loh sobat dan disembuhkan dari segala penyakit. Kalau ga percaya atau tidak, ya silahkan saja. Tapi yang jelas disini terdapat perayaan 1 tahun sekali, dimana terdapat perayaan masing-masing tanggal 1 syuro.

Ritual siraman sedudo
Masyarakat limanan masih mengawal adat dan kebudayaannya. Baik yang tua dan muda, semuanya hendak sekali ikut merayakannya. Dalam perayaan itu ada namanya penyiraman perempuan muda cantik, dibawah air tejun sedudo. Ritual penyiraman ini seringkali dipimpin oleh sesepuh desa, sebagaimana mulai dari tata teknik siraman sedudo dan bunga 7 rupa ini ditebarkan ke air terjun. Lalu deretan penari menginjak air terjun, dilanjtukan penyerahan air suci. Air suci ini di guyurkan, pada penari cantik yang berambut panjang. Ternyata air suci ini, sebelumnya telah diendapkan sekitar semalaman.

ritual siraman sedudo

Tujuan dari ritual ini untuk mencuci diri dan memperdekat jodoh untuk para penari. Syarat untuk dapat ikut ritual siraman ini, mesti perempuan yang masih lajang atau perawan. Dan pun mempunyai rambut panjang, wah ga sembarangan pun ya sobat. Saat ini tradisi siraman air terjun sedudo, menjadi tumpuan untuk menyebabkan wisatawan. Jadi sobat cari info, selain dapat menikmati alam sobat juga dapat melihat ritual siraman. Tapi tiap tanggal 1 syuro ya sobat, awas tidak boleh salah.


Heboh air terjun sedudo jadi pasir
Para wisatawan dan netizen di kejutkan, dengan terjadinya air terjun sedudo berubah warna. Tidak melulu berubah warna menjadi hitam pekat, tetapi airnyapun bercampur pasir. Wisatawan terhera-heran dengan kejadian ini, kemudian ada wisatawan yang mendokumentasikannnya. Sampai viral di sosial media, dengan kejadian mengherankan ini. Akhirnya lokasi wisata ini menjadi pemantauan polisi setempat.

Setelah diketehui penyebabnya, ternyata sumbernya dari kejadian kebakaran hutan di atas terjun masa-masa lalu. Jadi ketika curah hujan yang lebat, abu itu terangkut air hujan dan mengalir di air terjun sedudo nganjuk. Durasi kejadian ini, dilangsungkan selama 30 menit. Kejadian ini terjadi pada tanggal 8 dan 9 november 2018 masa-masa lalu. Tidak terdapat korban dan kehancuran pada area air terjun sedudo ini. Namun saldo pasri dan air pekat hitam ini, mengotori area disekitarnya.

Wisata nganjuk



Itulah wisata alam air terjun sedudo, yang mungkin dapat menjadi referensi liburan akhir pekan nanti. Masih tidak sedikit tempat wisata nganjuk yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata taman dan wisata museum. Berikut wisata nganjuk yang dapat menjadi kegiatan liburan nanti.

– Museum anjuk ladang
– Air terjun waduk perning (Telogo selo)
– Air terjun Coban unut dan sekartaji
– Air terjun grojogan roro kuning atau Air Terjun Pring Jowo
– Air terjun singkromo
– Bukit watu lawang
– Gunung wilis
– Goa Dan Grojogan Putri Ayu
– Bukit salju ngetos
– Taman pandan wilis
– air terjun sumber manik ngetos nganjuk
– pemandian air panas jatikalen nganjuk
– Grojogan Duwur Sumbermiri Lengkong
– Dan masih tidak sedikit lagi wisata nganjuk lainnya
kursusotomotifterbaikmajalengka
Berlibur di akhir pekan paling dinanti, pastinya kamu perlu perlu tempat istrahat. Dan andai satu hari full menyisir wisata nganjuk, capenya mohon ampun. Nah ini tidak banyak info untuk susunan harga hotel di nganjuk.

1. Hotel wilis nganjuk
2. Hotel 99 kertosono
3. hotel sanggrahan sawahan nganjuk
4. hotel nirwana nganjuk
5. hotel istana nganjuk
6. hotel djaya nganjuk
7. hotel shinta kabupaten nganjuk jawa timur
8. hotel mataram nganjuk

Sekian info air terjun sedudo, semoga tulisan ini membantu kamu dalam penelusuran tempat wisata di nganjuk. Selalu utamakan keselamatan, dan jaga tidak jarang kali kelurga anda. Sampai ketemu dirumah ya.

Posting Komentar

0 Komentar