Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka Menjadi Primadona Wisata Alam

kursusotomotifterbaikmajalengka
Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka Menjadi Primadona Wisata Alam

Bukit panyaweuyan argapura majalengka merupakan wilayah perbukitan, di kaki gunung ciremai yang estetis tiada taranya. Wisata terasering panyaweuyan argapura, sedang berada pada puncak sorotan semua traveller penyuka alam. Banyak sekali semua pengunjung menguploadnya, daripada foto-foto atau gambar bukit panyweuyan di media sosial.

Bukit panyaweuyan ini dikenal dengan sebutan bukit panyaweuyan argapura majalengka, atau terasering panyaweuyan argapura majalengka. Dan wisata terasering panyaweuyan ini juga, tidak jarang kali dinamakan lembah panyaweuyan majalengka.

Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka
Sangat disayangkan wisata majalengka ini, baru dikelola pada ketika ini. Dahulunya beberapa besar pribumi majalengka saja, kiblat dari tujuan wisata yang populer ialah bandung. Kondisi wisata majalengka ketika dahulu masih belum dikelola, sehingga untuk masyarakat selama wisata majalengka hanyalah sebagai wisata main-main. Dalam artian bermain di wisata, hanyalah sebagai ajang memanfaat masa-masa kosong sebab gratis. Seperti halnya di wisata bukit panyaweuyan argapura majalengka.



Fasilitas dan wahana melulu benar-benar alam yang tersaji. Wisata air terjun melulu benar-benar air terjun, dan sampah dimana-mana. Dekorasi curug hanyalah ranting-ranting pohon dan akar yang menjalar sehidupnya. Rumput-rumput hidup sampai menjulang tinggi sejajar anda berdiri. Selalu membawa senjata tajam mengarah ke wisata,untuk berlindung dari hewan-hewan buas. Selain membawa senjata tajam guna berlindung, tujuannya untuk menciptakan akses jalan mengarah ke wisata. Pokoknya wisata majalengka dulu, untuk orang yang memiliki keberanian dan tidak fobia akan mitos.

Namun ketika ini wisata majalengka telah dikelola, dan pemda pun berkontribusi guna memakmurkan rakyat melewati pembenahan lokasi pariwisata. Dengan berkembangnya tujuan wisata ini, semua warga masyarakat selama ikut andil dan meramaikannya. Malah kini tidak melulu masyarakat majalengka saja, namun dari kabupaten yang berdampingan sering berangjangsana ke wisata majalengka. Saat ini wisata majalengka tidak sedikit di kunjungi dari kabupaten kuningan, cirebon, indramayu dan tasikmalaya.



Wisata majalengka tidak kalah manariknya dengan lokasi wisata di bandung. Bandung punya wisata sky resto glamping lakeside, dengan penisi miniatur kapalnya. Ternyata majalengka pun mempunyai sky resto dengan penisi kapal di paraland majalengka. Glamping lakeside ada di perbukitan dengan situ patenggang, sementara paraland sedang di gunung panten.

Wisata terasering panyaweuyan argapura
Lokasi bukit panyaweuyan ini, sedang di argapura majalengka. Tepatnya sedang di blok cibuluh desa teja, kecamatan argapura kabupaten majalengka jawa barat. Wisata majalengka ini bakal kaya daya tarik alam dengan pemandangan yang estetis dan asri. Maka tidak salah lagi ya sobat, majalengka berjuluk seribu curug ini. Tempat wisata di argapura lainnya green canyon sukadana majalengka, curug muara jaya dan kampoeng air.

Cari info yuk : 7 Tempat Wisata Keluarga Di samping Kampoeng Air Majalengka



Wisata terasering tidak melulu di bali saja. Terasering sawah ubud bali barangkali yang lebih dulu dikenal untuk para kalangan traveller indonesia. Kini terasering majalengka pun lebih bagus dikomparasikan dengan terasering bali. Tidak melulu mengalahkan terasering bali, namun terasering di vietam juga dapat disainginya. Makanya tidak boleh heran terasering panyaweuyan tidak sedikit dikunjungi semua bule atau traveller mancanegara.


Terasering panyaweuyan argapura menyerahkan manfaat, baik penduduk sekitar maupun semua pengunjung. Dengan teksture terasering yang miring, memberikan guna untuk mengurangi terjadinya longsor. Selain tersebut juga guna mempermudah proses penyerapan air pada tumbuhan di sawah. Berbagai macam tumbuhan yang tumbuh subur di panyaweuyan ini, di samping padi diantaranya daun bawang dan umbi-ubian. Masyarakat selama menjadi lahan sumber mata pencaharian di bidang pertanian.

Jadi jangan mengherankan lagi ya sobat. Di samping majalengka pemandangan yang estetis nan asri, majalengka pun menghasilkan hasil pertanian yang subur. Majalengka pun sudah dikenal dari dulu, dengan penghasil genteng jatiwangi dan kecap majalengka. Dan sekarang sudah dibukanya bandara internasional jawa barat (BIJB), yang memungkinkan majalengka akan tidak sedikit kunjungan semua traveller luar negeri. Nah untuk memahami selain lokasi wisata dan kelebihan yang unik di majalengka, tidak boleh lupa mampir dan kepoin terus di cariinfoyuk.com.



Mari anda cari info mengenai keberadaan, bukit terasering panyaweuyan argapura majalengka.

Daya tarik wisata terasering panyaweuyan argapura
Daerah tempat tujuan wisata ini sedang di perbukitan, masih masuk area kaki gunung ciremai. Maka letak terasering panyaweuyan ini berada pada elevasi yang tidak cukup lebih 400-600 mdpl. Subhannallah ya sob, pemandangan disekitarnya menunjukan kehormatan allah yang tiada tara keindahannya.

Diatas bukit ini kita dapat menyaksikan keindahan gunung ciremai yang menjulang tinggi. Selain tersebut juga sobat andai beruntung, dapat menyaksikan gunung-gunung sekitarnya tanpa terhalangi oleh kabut-kabut. Pemandangan yang memanjakan pada unsur barat, yakni sungai cilongkrang. Saat sedang di bukit terasering panyaweuyan argapura, kita dapat bertafakur bakal keindahan surga yang tersembunyi ini.



Keindahan pesonanya terasering panyaweuyan argapura, menjadi wanawisata pelepas rindu untuk yang punya pasangan. Dengan udara yang segar dan panorama yang hijau, menjadikan romantisme yang mendalam. Mentari siang hari, menciptakan fresh dan menghangatkan anggota badan.

bukit panyaweuyan
Jepretan @gustaff_photoprojects

Rute panyaweuyan majalengka
Bukit panyaweuyan argapura majalengka jawa barat, masih satu akses dengan argalingga. Dimana di argalingga ini ada lokasi wisata buper atau bumi perkemahan. Buper argalingga ini tidak jarang dijadikan perkemahan semua instansi sekolah. Dimana sekolah menyelenggarakan acara ekstrakulikuler oudoor, atau pengangkatan pramuka ketika kami MA dulu. Buper argalingga pun biasa dijadikan perkemahan, lokasi peristirahatan untuk para pendaki gunung ciremai.

Untuk menuju tempat bukit panyaweuyan lumayan mudah ya sob. Dari kota majalengka, kita dapat ikuti akses jalan melalui bunderan cigasong dan belok kanan mengarah ke maja. Dari terminal maja mengarah ke argalingga bumi perkemahan. Setelah mendarat di buper, terdapat pertigaan sadasari sukasari. Maka bermukim belok kanan mengarah ke cibuluh dan sampailah di tempat bukit panyaweuyan. Jika sobat merasa lelah dalam perjalanan, sobat dapat melirik dulu deh. Karena masih satu jalan ke bukit panyaweuyan. Disana terdapat pohon yang tinggi nan rindang, yakni pohon pinus. Bisa sobat jadikan termpat peristirahatan dan spot fotonya bagus loh.



Transportasi menuju tempat bukit panyaweuyan ini, usahakan lebih tepat memakai kendaraan roda empat. Karena akses jalan mengarah ke panyaweuyan menanjak. Jadi andai sobat terpaksa memakai kendaraan roda dua, mesti pintar-pintar ketika di tanjakannya. Bagi menikmati area terasering panyaweuyan, sobat mesti berlangsung lagi dari parkiran. Waktu yang diperlukan kurang lebih 5 menit, mengarah ke bukit terasering panyaweuyan argapura.

Asal usul disebut terasering panyaweuyan
Terasering panyaweuyan adalahlahan yang dikelola oleh masyarakat setempat, sebagai lahan bercocok tanam. Dengan lahan perbukitan yang datar dan oleng ini, mereka mencari gagasan supaya dapat bercocok tanam lebih aman dan gampang untuk garap. Alhasil dengan gagasan lahan datar dan oleng yang berundak-undak ini, menjadi sumber mata pencaharian penduduk setempat. Masyarakat setempat melulu menilai kebijaksanaan lokalnya saja, dengan mengubah bukit menjadi ladang persawahan.

wisata terasering panyaweuyan argapura
Jepretan @ikhwansukma

Sawah yang diubah hingga terbentuk berundak-undak itu, adalahhasil terciptanya kreatifitas semua petani. Yang semula lahan tanah yang datar dan miring, jadilah terbentuk lahan ladang yang berpola pada lereng-lereng bukit. Ditata dari yang tinggi sampai yang rendah, dan disesuaikan pun kelebaran lahannya. Dengan lahan yang berundak-undak ini dinamakan “terasering”.

Sedangkan kata panyaweuyan tersebut berasal dari kata “sawey”. Saweuy adalahbahasa sunda, yang dengan kata lain jaring untuk menciduk burung dimalam hari.



Jadi di samping panyaweuyan ini merupakan wilayah perbukitan dikaki gunung ceremai, ternyata memiliki makna sejarah ya sobat. Yaitu lokasi penangkapan burung, yang dilaksanakan pada malam hari dengan memakai saweuy alias jaring. Jadilah dinamai “terasering panyaweuyan”. Dalam penamaan terasering ini, tidak terdapat kaintannya dengan terasering ubud bali. Atau ikut-ikutan untuk serupa terasering bali. Tapi ini benar-benar kreatifitas semua petani, demi menjadi sebuah ladang pertanian guna sumber mata pencaharian.

Waktu yang tepat untuk berangjangsana wisata bukit panyaweuyan
Waktu yang bagus untuk berangjangsana ke wisata bukit terasering panyaweuyan ialah pagi hari. Tepatnya jam 07.00 – 10.00 WIB. Pada waktu tersebut udara masih segar dan tanaman disekitar persawahan juga sedang mulai tampak mekar.

Alangkah bahagianya andai mengajak sanak family ke tempat tujuan wisata ini. Bukit panyaweuyan argapura majalengka paling rame dikunjungi, lagipula saat weeked atau cuti nasiaonal. Jika sobat hendak pagi hari telah sampe disana, maka sobat dapat menginap di penginapan di argapura majalengka. Penginapan di majalengka murah-murah ko sobat, laksana penginapan nusa indah.

Tiket masuk panyaweuyan argapura
Untuk harga tiket masuknya lumayan murah sekali, tarif yang dikenakan Rp. 10.000/orang dan ongkos parkir Rp. 2.000.

Manfaat berwisata di alam tersingkap terasering panyaweuyan
Daya tarik terasering panyaweuyan argapura ini, bakal membawa tidak sedikit manfaat untuk kita ketika mengunjunginya. Di samping sudah dikisahkan diatas, ada sejumlah manfaat bagi kamu semua.

– Mengalihkan kreatifitas anak. Yang tadinya ingin bermain gadget, sekarang bertumbuh kembang dengan mengenalkan dunia nyata yang sebenarnya.



– Membuat fres lahiriyah baik fikiran dan anggota badan. Dengan keadaan ketenangan dan kedamaian, hati dan fikiran juga menjadi santai. Kepenatan yang tersiksa dan rindu yang menggebu-gebu, kini dapat tertuang di alam tersingkap ini.

– Memperkuat keharmonisan keluarga, wanawisata guna quality time.

Tips berangjangsana ke tempat wisata terasering panyaweuyan
Karena tidak sedikit orang yang lupa dampak kekhilafan pada ketika wisata. Maka jagalah diri tidak jarang kali berhati-hati, walau semua telah ada pada taqdir allah. Namun anda sebagai makhluknya hanya dapat berprasangka baik dan bermawas diri.

1. Gunakanlah pakaian yang simple dan tidak ribet dipakai. sebab khawatir terinjak dan kena pada unsur tanah.
2. Bawalah minuman dan makanan secukupnya, dan tidak boleh buang sampah sembarangan.
3. Jaga adab dan bersikap baik sekitar dalam berwisata.
4. Hati-hati ketika berselfie, tidak boleh merusak ladang pertanian penduduk setempat. Sehingga bakal merusak kebijaksanaan lokalnya.



Ternyata di cibuluh masih ada lokasi yang eksotis, yang tidak jauh dari bukit panyaweuyan majalengka. Bukit panyaweuyan argapura majalengka lebih rendah dikomparasikan deng bukit yang satu ini. Bukit yang disinggung bukit sunda british ini, ternyata menjadi tujuan wisata idaman semua traveller photograper.Belum tahu kebenarannya dari asal usul bukit sunda british ini. Namun semua photographer diatas bukit ini, dapat mengambil angel potret bukit terasering panyaweuyan yang lebih lebar. Bukit sunda british ini pun disebut puncak tusuk gigi. Lain kali anda akan kupas ya sobat.

Itulah keterangan “Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka Menjadi Primadona Wisata Alam”. Nanti kami bakal share puncak cibunut majalengka atau panorama tanah parahyangan dari puncak sawiyah. Semoga menjadi referensi sobat guna berlibur.

Posting Komentar

0 Komentar